Makalah Ekonomi Manajerial


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Ekonomi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat. Kata ekonomi merupakan masalah kehidupan dan menjadi pembicaraan sehari-hari dimasyarakat. Hampir setiap hari beberapa media seperti televisi, radio, surat kabar serta media lainnya memberitakan berbagai hal mengenai ekonomi. Hal ini menggambarkan bahwa kualitas kehidupan masyarakat sangat dipengaruhioleh kegiatan atau fenomena ekonomi yang terjadi di kehidupan masyarakat tersebut. Ekonomi manajerial pada hakekatnya tidak lepas dari perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku masyarakat diarahkan dan dimotivasi oleh nilai-nilai yang ada dimasyarakat seperti pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumsi dimasyarakat dipengaruhi oleh hukum ekonomi. Berbagai tataran nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat, biasanya termuat dalam aturan organisasi dan lingkungan masyarakat setempat. Sehubungan dengan hal ini, maka wawasan mengenai ekonomi manajerial sangat perlu dimiliki oleh para pengambil keputusan, baik disektor publik maupun disektor swasta.


B.     RUMUSAN MASALAH
1)      Apa pengertian dan konsep dari ekonomi manajerial ?
2)      Siapa sajakah yang termasuk pelaku-pelaku ekonomi ?
3)      Bagaimanakah peran ekonomi manajerial dalam perusahaan (bisnis) ?

C.    TUJUAN MAKALAH
1)      Untuk memahami arti dan konsep dari ekonomi manajerial.
2)      Untuk memahami pelaku-pelaku ekonomi.
3)      Untuk memahami peran ekonomi manajerial dalam perusahaan




BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN DAN KONSEP EKONOMI MANAJERIAL
Menurut Mc Connel (1993) Ekonomi manajerial adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen. Ilmu ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia dalam memproduksi, mendistribusi dan mengkonsumsi barang dan jasa, sedangkan sumber daya yang tersedia untuk mewujudkannya”. Ekonomi manajerial merupakan pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pusat perhatian ekonomi manajerial adalah konsep keuntungan, dimana keuntungan merupakan selisih penerimaan perusahaan total dengan biaya total. Ekonomi manajerial banyak menggunakan model dengan tujuan untuk pendidikan, penjelasan, dan prediksi. Simbol yang digunakan dalam model dapat berupa variabel, grafik, dan matematik. Analisis present value dilakukan dengan tujuan untuk pengambilan keputusan. Adapun Prinsip-prinsip ekonomi manajerial pengambilan keputusan oleh manajer yang berkaitan dengan mengalokasikan sumber-sumber daya yang langka secara efesien, yakni man, money, method, materials.
B.     PELAKU EKONOMI
1.      Masyarakat
Ø  Masyarakat sebagai produsen
Masyarakat sebagai produsen adalah anggota kelompok dengan penghasilan pendapatan dari menjual produksi produk barang atau jasa, seperti berdagang, membuat kerajinan, hewan ternak, dll. Ciri-ciri usaha dalam mendapatkan penghasilan adalah sebagai berikut :
-          Umumnya tidak menggunakan alat-alat canggih
-          Tidak membutuhkan pendidikan/keahlian khusus
-          Dapat membuka lapangan kerja yang dapat menampung banyak anggota
-          Usaha ekonomi dapat berlangsung di dalam ruang lingkup kecil

Ø  Masyarakat sebagai distributor
Peran ini dapat terwujud jika masyarakat menjadi penyalur bahan produks konsumen ke konsumen.

Ø  Masyarakat keluarga sebagai konsumen
Setiap kelompok masyarakat tentu membutuhkan barang dan jasa untuk kelangsungan usaha dan hidupnya. Hal ini menjadikan sebagai konsumen dari produsen lain. Masyarakat adalah pengguna produk-produk umum, seperti jalan raya, sekolah, dll. Jika masyarakat tidak memiliki penghasilan, atau hanya berperan sebagai konsumen saja, maka mereka disebut pengangguran. Kebanyakan pengangguran merupakan status ekonomi sangat rendah. Sehingga diperlukan bagi kita untuk produktif, tidak sebatas mengkonsumsi saja. 

2.      Perusahaan
Perusahaan adalah suatu badan usaha yang menjalankan suatu kegiatan yang menghasilkan produk dan jasa yang bertujuan memperoleh keuntungan. Perusahaan sering dikaitkan dengan rumah tangga, Tetapi banyak perbedaan didalamnya, yaitu dari segi tujuannya. Tujuan utama Rumah tangga keluarga adalah memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan tujuan utama perusahaan adalah mmperoleh keuntungan. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut :
Ø  Perusahaan sebagai produsen
Peran utama perusahaan untuk produksi dengan menghasilkan keuntungan. Tentu saja perusahaan berperan sebagai produsen. Hal-hal yang harus dilakukan perusahaan sebelum menjalankan aktivitasnya adalah yakni :
-          Menentukan barang atau jasa yang akan diproduksi 
-          Menentukan proses pengelolaan produksi barang atau jasa tersebut
-          Memastikan barang dan jasa diproduksi sesuatu kebutuhan konsumen



Ø  Perusahaan sebagai distributor
Peran utama perusahaan adalah mengalami kerugian, sehingga mereka harus berperan sebagai distributor agar produknya sampai ke konsumen. Pada umumnya kegiatan distribusi yang dilakukan adalah :
-          Membuka cabang perusahaan 
-          Membuat kegiatan dan promosi
-          Mengadakan kegiatan perdagangan 
-          Memiliki armada angkatan

Ø  Perusahaan  sebagai konsumen
Kegiatan konsumsi perusahaan berkaitan erat dengan kegiatan produksi antara lain:
-          Pengadaan bahan pokok
-          Pengadaan alat dan bahan
-          Pendanaan upah karyawan

3.      Pemerintahan
Pemerintah adalah lembaga kepemerintahan yang tugasnya untuk memperhatikan kegiatan perekonomian tetap berjalan. Peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian adalah :
Ø  Pemerintah sebagai produsen
Pemerintah terlibat dalam peran untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia. Menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 2 "Cabang-cabang yang penting bagi negara dan menguasai hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Sedangkan pelaksanaannya sebagai produsen diwujudkan hampir dalam seluruh bidang perekonomian. Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ø   Pemerintah sebagai distributor
Peran pemerintah sebagai distributor berfungsi untuk sebesar-besarnya mensejahterakan rakyat. Pada umumnya, peran pemerintah sebagai distributor adalah penyaluran sesuatu dari yang berlebihan kepada yang kekurangan agar terwujudnya kesejahteraan secara merata.

Ø  Pemerintah sebagai konsumen
Dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya, pemerintah membutuhkan dana yang akan digunakan. Kata pemenuhan kebutuhan yang dikatakan pemerintah adalah konsumen. Contohnya adalah untuk membeli peralatan. Kegiatan konsumsi pemerintah memiliki tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan membangun sarana prasarana negara.




C.    EKONOMI MANAJERIAL DALAM PERUSAHAAN
Ekonomi manajerial sering disebut sebagai ekonomi mikro terapan, dimana merupakan aplikasi metode dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Ekonomi manajerial dapat mengembangkan prinsip-prinsip ilmu yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas dalam pengambilan keputusan. Setiap manajer pasti menghadapi masalah-masalah manajerial dalam kegiatan bisnis sehari-hari, Masalah timbul ketika terhadap kesenjangan antara kondisi empiris (di lapangan) dengan apa yang diinginkan oleh manajer. Dengan ekonomi manajerial, masalah tersebut akan dapat diminimisasikan oleh para manajerial untuk mempengaruhi kinerja dan perilaku manajerial ekonomi. Manajerial memanfaatkan sejumlah analisis seperti Metode kuantitif,  Statis/ekonometri, Konsep manajemen strategis,  serta analisis keuangan. Ekonomi manajerial dapat menggabungkan :
1.      Ilmu ekonomi
-          Mikro ekonomi
Mikro ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumberdaya, dan perusahaan bisnis, didalam sistem perdagangan bebas.




-          Makro ekonomi
Makro ekonomi adalah ilmu yang membahas tentang output, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara total atau agregat di perekonomian dilihat secara keseluruhan.

2.      Ilmu keputusan
Ilmu keputusan terdiri dari perangkat matematika ekonomi dan ekonometri (statistika) untuk membentuk dan mengestimasi model keputusan yang ditujukan untuk menentukan prilaku optimum perusahaan yaitu mencapai tujuannya dengan cara yang paling efisien. Matematika ekonomi juga dapat digunakan untuk menggambarkan dalam bentuk persamaan model ekonomi dalam teori ekonomi. Dan Ekonometri kemudian menerapkan peralatan stastistik (terutama analisis regresi) pada data dunia nyata untuk mengestimasi model yang dikemukakan oleh teori ekonomi dan digunakan untuk peramalan (forecasting). Tugas utama manajer adalah membuat keputusan yang mampu meningkatkan performasi organisasi (bisnis).




BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Ekonomi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat. Ekonomi manajerial adalah pengetahuan yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan secara efisien. Pusat perhatian ekonomi manajerial adalah konsep keuntungan, dimana keuntungan merupakan selisih penerimaan perusahaan. Adapun pelaku-pelaku ekonomi yakni masyarakat, perusahaan, dan pemerintahan. Ekonomi manajerial sangatlah penting dalam suatu perusahaan dikarenakan Ekonomi manajerial dapat mengembangkan prinsip-prinsip ilmu yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas dalam pengambilan keputusan.
DAFTAR PUSTAKA




Comments

Popular posts from this blog

Makalah Perilaku Organisasi Motivasi

Makalah Manajemen SDM Penilaian Prestasi Kerja (PPK)