Makalah Ekonomi Manajerial
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Ekonomi
adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat.
Kata ekonomi merupakan masalah kehidupan dan menjadi pembicaraan sehari-hari
dimasyarakat. Hampir setiap hari beberapa media seperti televisi, radio, surat
kabar serta media lainnya memberitakan berbagai hal mengenai ekonomi. Hal ini
menggambarkan bahwa kualitas kehidupan masyarakat sangat dipengaruhioleh
kegiatan atau fenomena ekonomi yang terjadi di kehidupan masyarakat tersebut.
Ekonomi manajerial pada hakekatnya tidak lepas dari perilaku masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari. Perilaku masyarakat diarahkan dan dimotivasi oleh
nilai-nilai yang ada dimasyarakat seperti pemenuhan kebutuhan dan keinginan
konsumsi dimasyarakat dipengaruhi oleh hukum ekonomi. Berbagai tataran nilai
kehidupan yang berlaku di masyarakat, biasanya termuat dalam aturan organisasi
dan lingkungan masyarakat setempat. Sehubungan dengan hal ini, maka wawasan
mengenai ekonomi manajerial sangat perlu dimiliki oleh para pengambil keputusan,
baik disektor publik maupun disektor swasta.
B. RUMUSAN
MASALAH
1)
Apa
pengertian dan konsep dari ekonomi manajerial ?
2)
Siapa
sajakah yang termasuk pelaku-pelaku ekonomi ?
3)
Bagaimanakah
peran ekonomi manajerial dalam perusahaan (bisnis) ?
C. TUJUAN
MAKALAH
1)
Untuk
memahami arti dan konsep dari ekonomi manajerial.
2)
Untuk
memahami pelaku-pelaku ekonomi.
3)
Untuk
memahami peran ekonomi manajerial dalam perusahaan
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
DAN KONSEP EKONOMI MANAJERIAL
Menurut Mc Connel (1993) “Ekonomi
manajerial adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer
dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial
merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen. Ilmu ekonomi adalah
studi tentang perilaku manusia dalam memproduksi, mendistribusi dan
mengkonsumsi barang dan jasa, sedangkan
sumber daya yang tersedia untuk mewujudkannya”. Ekonomi
manajerial merupakan pengetahuan
yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan
pengambilan keputusan yang menelah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan
secara efisien.
Pusat perhatian ekonomi manajerial
adalah konsep keuntungan, dimana keuntungan merupakan selisih penerimaan
perusahaan total dengan biaya total. Ekonomi manajerial banyak menggunakan
model dengan tujuan untuk pendidikan, penjelasan, dan prediksi. Simbol yang
digunakan dalam model dapat berupa variabel, grafik, dan matematik. Analisis
present value dilakukan dengan
tujuan untuk pengambilan keputusan. Adapun Prinsip-prinsip
ekonomi manajerial pengambilan keputusan oleh manajer yang berkaitan dengan
mengalokasikan sumber-sumber daya yang langka secara efesien, yakni man, money, method,
materials.
B.
PELAKU EKONOMI
1. Masyarakat
Ø Masyarakat
sebagai produsen
Masyarakat sebagai
produsen adalah anggota kelompok dengan penghasilan pendapatan dari menjual
produksi produk barang atau jasa, seperti berdagang, membuat kerajinan, hewan
ternak, dll. Ciri-ciri usaha dalam mendapatkan penghasilan adalah sebagai berikut :
-
Umumnya tidak menggunakan alat-alat canggih
-
Tidak membutuhkan pendidikan/keahlian khusus
-
Dapat membuka lapangan kerja yang dapat menampung
banyak anggota
-
Usaha ekonomi dapat berlangsung di dalam ruang lingkup
kecil
Ø Masyarakat sebagai distributor
Peran ini dapat
terwujud jika masyarakat menjadi penyalur bahan produks konsumen ke konsumen.
Ø Masyarakat keluarga sebagai konsumen
Setiap kelompok
masyarakat tentu membutuhkan barang dan jasa untuk kelangsungan usaha dan
hidupnya. Hal ini menjadikan sebagai konsumen dari produsen lain. Masyarakat
adalah pengguna produk-produk umum, seperti jalan raya, sekolah, dll. Jika
masyarakat tidak memiliki penghasilan, atau hanya berperan sebagai konsumen
saja, maka mereka disebut pengangguran. Kebanyakan pengangguran merupakan
status ekonomi sangat rendah. Sehingga diperlukan bagi kita untuk produktif,
tidak sebatas mengkonsumsi saja.
2. Perusahaan
Perusahaan adalah suatu badan usaha yang menjalankan suatu
kegiatan yang menghasilkan produk dan jasa yang bertujuan memperoleh
keuntungan. Perusahaan sering dikaitkan dengan rumah tangga, Tetapi banyak
perbedaan didalamnya, yaitu dari segi tujuannya. Tujuan utama Rumah tangga
keluarga adalah memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan tujuan utama perusahaan
adalah mmperoleh keuntungan. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah
sebagai berikut :
Ø
Perusahaan sebagai produsen
Peran utama perusahaan
untuk produksi dengan menghasilkan keuntungan. Tentu saja perusahaan berperan
sebagai produsen. Hal-hal yang harus dilakukan perusahaan sebelum menjalankan
aktivitasnya adalah yakni :
-
Menentukan barang atau jasa yang akan diproduksi
-
Menentukan proses pengelolaan produksi barang atau
jasa tersebut
-
Memastikan barang dan jasa diproduksi sesuatu
kebutuhan konsumen
Ø
Perusahaan sebagai distributor
Peran utama perusahaan adalah
mengalami kerugian, sehingga mereka harus berperan sebagai distributor agar produknya
sampai ke konsumen. Pada umumnya kegiatan distribusi yang dilakukan adalah :
-
Membuka cabang perusahaan
-
Membuat kegiatan dan promosi
-
Mengadakan kegiatan perdagangan
-
Memiliki armada angkatan
Ø
Perusahaan sebagai konsumen
Kegiatan konsumsi perusahaan
berkaitan erat dengan kegiatan produksi antara lain:
-
Pengadaan bahan pokok
-
Pengadaan alat dan bahan
-
Pendanaan upah karyawan
3.
Pemerintahan
Pemerintah adalah lembaga kepemerintahan yang tugasnya untuk
memperhatikan kegiatan perekonomian tetap berjalan. Peran pemerintah dalam
kegiatan perekonomian adalah :
Ø
Pemerintah sebagai
produsen
Pemerintah
terlibat dalam peran untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat
Indonesia. Menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 2 "Cabang-cabang yang penting
bagi negara dan menguasai hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Sedangkan pelaksanaannya
sebagai produsen diwujudkan hampir dalam seluruh bidang perekonomian. Sebagai
pelaksana kegiatan produksi pemerintah membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Ø
Pemerintah
sebagai distributor
Peran
pemerintah sebagai distributor berfungsi untuk sebesar-besarnya mensejahterakan
rakyat. Pada umumnya, peran pemerintah sebagai distributor adalah penyaluran
sesuatu dari yang berlebihan kepada yang kekurangan agar terwujudnya
kesejahteraan secara merata.
Ø
Pemerintah sebagai
konsumen
Dalam pemenuhan
kebutuhan untuk menjalankan tugasnya, pemerintah membutuhkan dana yang akan
digunakan. Kata pemenuhan kebutuhan yang dikatakan pemerintah adalah konsumen.
Contohnya adalah untuk membeli peralatan. Kegiatan konsumsi pemerintah memiliki
tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan membangun sarana prasarana
negara.
C. EKONOMI MANAJERIAL DALAM PERUSAHAAN
Ekonomi manajerial
sering disebut sebagai ekonomi mikro terapan, dimana merupakan aplikasi metode
dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Ekonomi manajerial dapat
mengembangkan prinsip-prinsip ilmu yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan
efektifitas dalam pengambilan keputusan. Setiap manajer pasti menghadapi
masalah-masalah manajerial dalam kegiatan bisnis sehari-hari, Masalah timbul ketika terhadap
kesenjangan antara kondisi empiris (di
lapangan)
dengan apa yang diinginkan oleh manajer. Dengan ekonomi manajerial, masalah tersebut akan
dapat diminimisasikan oleh para manajerial untuk mempengaruhi
kinerja dan perilaku manajerial ekonomi. Manajerial memanfaatkan sejumlah
analisis seperti Metode kuantitif,
Statis/ekonometri, Konsep manajemen strategis, serta analisis keuangan. Ekonomi manajerial dapat
menggabungkan :
1.
Ilmu ekonomi
-
Mikro ekonomi
Mikro ekonomi adalah ilmu yang
mempelajari tingkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil
keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumberdaya, dan perusahaan
bisnis, didalam sistem perdagangan bebas.
-
Makro ekonomi
Makro ekonomi adalah ilmu yang membahas
tentang output, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara
total atau agregat di perekonomian dilihat secara keseluruhan.
2.
Ilmu
keputusan
Ilmu
keputusan terdiri dari perangkat matematika ekonomi dan ekonometri (statistika)
untuk membentuk dan mengestimasi model keputusan yang ditujukan untuk
menentukan prilaku optimum perusahaan yaitu mencapai tujuannya dengan cara yang
paling efisien. Matematika ekonomi juga dapat digunakan untuk menggambarkan dalam bentuk
persamaan model
ekonomi dalam teori ekonomi. Dan Ekonometri kemudian menerapkan peralatan stastistik (terutama analisis regresi) pada data dunia nyata untuk mengestimasi model
yang dikemukakan oleh
teori ekonomi dan digunakan untuk peramalan (forecasting).
Tugas utama manajer adalah membuat keputusan yang mampu meningkatkan performasi
organisasi (bisnis).
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Ekonomi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup
dari masyarakat. Ekonomi manajerial adalah pengetahuan
yang menunjukkan adanya aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan
pengambilan keputusan yang menelaah bagaimana organisasi dapat mencapai tujuan
secara efisien. Pusat perhatian ekonomi manajerial adalah konsep keuntungan, dimana
keuntungan merupakan selisih penerimaan perusahaan. Adapun pelaku-pelaku ekonomi yakni masyarakat,
perusahaan, dan pemerintahan. Ekonomi manajerial sangatlah penting dalam suatu
perusahaan dikarenakan Ekonomi manajerial dapat mengembangkan
prinsip-prinsip ilmu yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas
dalam pengambilan keputusan.
DAFTAR PUSTAKA
http://nurfitri-ani.blogspot.co.id/2014/11/tugas-kelompok-ekonomi-manajerial.html (Diakses pada tanggal 18 maret 2018)
http://www.artikelsiana.com/2015/07/pengertian-ekonomi-fungsi-para-pelaku-ekonomi.html# (Diakses pada tanggal 18 maret 2018)
https://inggitbelajar.wordpress.com/2011/11/29/pengertian-dan-ruang-lingkup-ekonomi-manajerial/ (Diakses pada tanggal 20 maret 2018)
Comments
Post a Comment